5 Cara Memperbanyak ASI Dengan Menggunakan Makanan Terbaik Tinggi Protein

Sebenarnya, cara memperbanyak ASI tidak terlalu sulit untuk dilakukan oleh para ibu menyusui. Pasalnya, ada banyak cara yang bisa digunakan yang tentu harus disesuaikan dengan kecocokan ibu yang bersangkutan. Mulai dari menggunakan berbagai suplemen hingga tanaman atau makanan yang sering dikonsumsi setiap harinya.

Perlu diingat, bahwa kamu harus memiliki kecocokan dengan cara yang dipilih. Dengan kecocokan tersebut, bisa dipastikan apapun cara yang nantinya akan digunakan, tentu akan membuahkan hasil yang optimal. Nah, Anda yang ingin mencari informasi cara untuk memperbanyak asi, pembahasan ini adalah jawabannya.

Apa Itu ASI?

ASI atau air susu ibu merupakan makanan dan juga minuman yang dikhususkan bagi bayi yang baru dilahirkan. Sampai sang bayi berumur 6 bulan pasca kelahiran, bayi tak boleh diberi makanan dan minuman apapun selain ASI. Selanjutnya setelah umur 6 bulan, Anda bisa memberikan bayi dengan berbagai makanan pendamping ASI yang cocok dengan kriteria bayi.

Atau yang dalam dunia medis pendamping ASI ini dikenal dengan nama MP ASI. Biasanya, MP ASI ini berbentuk bubur dengan tekstur yang lembut serta nasi tim (nasi yang diolah dengan memperbanyak air-nya) atau Anda juga bisa menggunakan makanan pendamping lainnya.

ASI sendiri memang sangat penting bagi bayi. Hal ini disebabkan karena ASI mempengaruhi kesehatan, kekebalan serta kecerdasaran sang buah hati. Nah, khusus orang tua yang ingin mendapatkan anak yang cerdas dan juga bertalenta, cukupi ASI dengan maksimal. Salah satunya adalah dengan menggunakan makanan yang dijadikan sebagai cara untuk memperbanyak ASI.

Sekarang ini, sudah banyak jenis makanan yang bisa digunakan untuk cara memperbanyak ASI. Sayangnya, ibu tidak terlalu paham apa saja makanan yang dimaksud. Agar ibu lebih paham, berikut ini adalah makanan terbaik untuk memperbanyak ASI guna mengoptimalkan ASI untuk sang buah hati:

Cara Untuk Memperbanyak ASI Dengan Makanan Alami

Pepaya

Pohon pepaya merupakan pohon terbaik yang terbukti ampuh untuk memperbanyak ASI. Dimana, semua bagian pepaya sendiri bisa diolah untuk makanan memperbanyak ASI, baik itu bunganya, daunnya atau buahnya. Didalam bunga dan buah pepaya, terdapat kandungan mineral, vitamin A, enzim papain, asam folat, vitamin C.

Enzim yang ada didalam pohon pepaya tersebut mampu mencerna protein dengan baik. Saat ibu masuk pada masa menyusui, ibu sangat membutuhkan protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, buah pepaya mempunyai cairan yang sangat baik untuk mencukupi cairan saat produksi ASI.

Manfaat pepaya yang dikhususkan untuk ibu menyusui dan juga ibu hamil ini adalah pepaya yang ranum ataupun masih mengkal. Pepaya ranum cocok langsung dikonsumsi, sedangkan pepaya mengkal sangat bagus jika diolah sebagai sup. Olahan dari pepaya mentah juga sangat beragam jenisnya.

Contohnya, ibu bisa mengolahnya menjadi sup ikan, sayur bobor, sayur gurih dan masihg banyak lagi. Cara untuk memperbanyak ASI dengan memanfaatkan pepaya ini sudah terbukti ampuh dan banyak direkomendasikan oleh dokter ahli. Jadi, jika Anda ingin mencobanya, sangat disarankan.

Daun Katuk

Sudah sejak lama daun katuk dikenal sebagai makanan terbaik untuk memperbanyak ASI bagi ibu menyusui. Sayangnya, sekarang ini daun katuk sudah sangat jarang atau sulit untuk ditemukan. Sehingga ibu menyusui yang membutuhkannya harus membeli bahan makanan tersebut terlebih dahulu.

Ciri khas daun katuk sendiri adalah rasa pahit yang begitu melekat. Dimana, jika Anda membutuhkannya, disarankan untuk mengolah dengan baik agar nantinya rasa pahit tersebut tidak muncul atau setidaknya bisa berkurang dibandingkan sebelumnya. Daun katuk sendiri memiliki protein yang cukup banyak. Dimana, sangat ampuh untuk merangsang pengolahan ASI didalam tubuh manusia.

Setidaknya saat ibu menyusui, dibutuhkan lebih banyak protein dibandingkan sebelumnya. Pada kondisi wanita normal, biasanya protein dibutuhkan dengan kadar 40 gram untuk setiap harinya. Namun, jika wanita tersebut masuk pada fase menyusui, setidaknya membutuhkan protein sebanyak 60 gram untuk setiap harinya. Protein yang dibutuhkan ibu menyusui tersebut bisa dicukupi dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi daun katuk minimal 150 gram setiap harinya.

Bayam

Cara memperbanyak ASI selanjutnya adalah menggunakan bayam. Bayam merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung zat besi yang cukup melimpah. Dimana, kandungan zat besi didalam bayam ini sangat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Bukan hanya zat besi saja, bayam nyatanya juga mengandung vitamin B6 yang sangat melimpah. Dimana, fungsi dari vitamin ini sendiri adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk sang buah hati. Nutrisi lain didalam bayam antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, mineral dan protein.

Bayam juga bahan makanan yang mengandung enzim yang dikenal dengan nama phytoestrogens. Nah, enzim inilah yang berfungsi untuk memproduksi ASI. Perlu Anda ketahui bahwa enzim yang satu ini juga banyak ditemukan pada sayuran hijau lainnya. Oleh karena itu, Anda sebagai ibu menyusui disarankan untuk memperbanyak konsumsi bayam dan juga makanan atau sayuran hijau lainnya. Manfaat lain bayam adalah untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi ibu hamil, mencegah bayi yang cacat dan bisa digunakan sebagai program agar cepat mendapat momongan.

Konsumsi Air

Ibu menyusui jangan jarang mengkonsumsi air putih biasanya akan kesulitan untuk memproduksi banyak ASI nantinya. Oleh karena itulah, disamping ibu mengkonsumsi makanan-makanan untuk memperbanyak ASI tadi, disarankan juga untuk memperbanyak konsumsi air putih agar cairan didalam tubuh bisa terpenuhi nantinya. Mengkonsumsi air putih juga bisa menghilangkan dehidrasi.

Jika ibu menyusui terkena serangan dehidrasi akibatnya akan sangat fatal. Pasalnya, berbagai makanan untuk memperbanyak ASI yang sudah dikonsumsi tak akan bisa bekerja dengan baik. Bagi ibu hamil, dehidrasi juga bisa menimbulkan efek atau dampak yang sangat merugikan. Salah satunya adalah bisa terserang morning sickness, air ketuban akan sangat sedikit dan juga bisa menyebabkan mual ketika ibu hamil. Karena itulah, pastikan Anda memperbanyak konsumsi air. Disarankan minimal mencukupi konsumsi air sebanyak 2 liter setiap harinya.

Kacang Tanah Mentah

Kacang tanah yang masih mentah ternyata memiliki kandungan protein yang begitu tinggi dibandingkan dengan kacang tanah yang sudah masuk pada proses pengolahan. Karena itulah, mengkonsumsi kacang tanah mentah sangat bagus jika ditujukan kepada ibu menyusui. Pasalnya akan membantu proses produksi ASI nantinya. Akan tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kacang tanah bagi ibu hamil. Karena bisa menyebabkan keguguran nantinya.

Itu 5 bahan makanan terbaik yang bisa digunakan untuk memperbanyak ASI. Cara memperbanyak ASI dengan makanan-makanan yang sudah disebutkan tadi begitu menguntungkan bagi ibu menyusui. Pasalnya, tidak akan boros pengeluran keluarga dan juga tidak menyebabkan efek samping walaupun nantinya dikonsumsi dalam jangka panjang sekalipun.